Senin, 22 Oktober 2012

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Olahraga bersepeda kini pamornya makin meningkat, sejak berbagai informasi tentang manfaatnya disosialisasikan kepada masyarakat. Selain bikin sehat, bersepeda juga membantu mengurangi polusi yang dihasilkan jika kita memakai kendaraan bermotor.

Kota-kota di Indonesia pun makin banyak yang mendukung dengan membuat program car free day setiap minggunya di salah satu jalan protokol kota, agar masyarakat dapat bersepeda dengan aman.

Apa saja sebenarnya manfaat bersepeda bagi kesehatan? Simak berikut ini, seperti dilansir oleh Kompas;

1. Jantung sehat.
Bersepeda dapat meningkatkan detak jantung secara berkala, sehingga menyehatkan organ kardiovaskular yaitu jantung dan pembuluh darah. Selain itu, resiko terkena penyakit jantung koroner juga akan menurun.

2. Mengencangkan otot.
Dengan bersepeda, maka otot bagian bawah tubuh akan bergerak dengan dinamis dan teratur. Misalnya otot paha, betis, pinggang, dan belakang. Dengan melakukannya secara rutin maka otot tersebut akan makin kencang dan kuat.

3. Pinggang ramping.
Saat bersepeda, otomatis kalori yang tersimpan di bawah kulit akan terbakar, terutama jika Anda melakukannya lebih cepat dan dengan jarak jauh. Hasilnya, lemak di pinggang dan beberapa bagian tubuh lain pasti menipis dan Anda bisa ramping.

4. Koordinasi anggota tubuh makin baik.
Bersepeda memerlukan koordinasi antara tangan yang mengarahkan setang, kaki mengayuh dan mengatur kecepatan, serta mata yang memperhatikan jalan. Semakin sering bersepeda, maka koordinasi anggota tubuh itu makin baik.

5. Menghilangkan stress/baik untuk mental.
Bersepeda, terutama bila dilakukan di daerah yang memiliki pemandangan indah dan udara segar, akan mampu merilekskan pikiran dan menghilangkan stress.

1 komentar:

  1. Thx untuk infonya.. bermanfaat sekali.. mampir yuk ke http://elementmtb.com/dokter-anjurkan-untuk-melakukan-step-step-ini-agar-tubuh-lebih-seimbang/

    BalasHapus